• Home
  • Langkat
  • Polres Langkat Melaksanakan Kegiatan Upacara, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023
Image

Polres Langkat Melaksanakan Kegiatan Upacara, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Langkat (Sumut) | Keadilannews.com,- Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 yang bertemakan,”Gotong Royong Membangun Peradapan dan Pertumbuhan Global,” bertempat di Lapangan Jananuraga Polres Langkat,tepatnya di Jl. Proklamasi No.53, Kel.Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kab. Langkat. Kamis (1/6/2023) sekitar pukul 08:00 Wib.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Waka Polres Langkat dihadiri,Kompol Hendri Mulia Dunia Barus, SH.,S.I.K., MM,bertindak sebagai Inspektur Upacara IPTU Hermawan, sebagai Komandan Upacara, yang di ikuti Kabag Ops Akp Sahril Sirait, SH.,MH, Kabag Ren Kompol B. Girsan,SH, Kabag Sumda Kompol Waskita Sheena Sari,SE., S.I.K, Kabag Log Kompol Nasib Manurung,SH, Para Kasat fungsional Polres,Para Kapolsek Polres l, Pama Polres Brigadir dan ASN Polres Langkat.

“Upacara di buka dengan lagu lagu Mars Kepolisian Negara Republik Indonesia dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera Merah Putih di iringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Kapolrea langkat AKBP Faisal HS Simatupang,SH.,MH,dalam sbutannya mengajak,Marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, atas berkat dan Ridho-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari Lahir Pancasila, dengan tema ” Gotong Royong Membangun Peradapan dan Pertumbuhan Globa,”papar Kapolres.

Lebih lanjut, dikatakan Pancasila sebagai Pondasi Negara dan Pandangan hidup Negara, maka sudah di pastikan harus hidup dalam dealektika Pradaban Dunia.

“Namun harus tetap tanggung dan berdiri kokoh sebagai dasar filosofis bangsa Indonesia yang terus berkembang dan tidak pernah berhenti pada tiap detik dan waktunya, “terang Kapolres.

Hal yang paling mendasar yang terjadi di tahun 2023 adalah terjadinya ketimpangan dan penyelewengan Nilai-nilai dari Pancasila, pada akhirnya menyebabkan kesenjangan, perpecahan hingga kekacauan yang kemudian berakhir, dengan begitu banyaknya huru-hara dimana – mana.”imbuhnya.

“Saudara sekalian ini bukan sekedar kejadian biasa karena telah banyak melibatkan elemen Masyarakat, yang timbul sebagai ketidak puasan atas adanya sistem pemerintahan kala itu yang dianggap picang dan zalim.

“Dengan semata pembaharuan inilah yang saat ini membuat hidup kita semua menjadi nyaman dan tentram, tetapi bila dirasakan kenyataannya semngat itu sudah lama ditinggalkan oleh insan yang ada dan mulai luntur.”jelasnya.

Kapolres mengajak, Maka untuk itulah dengan adanya peringatan Hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 diharapkan mampu memberikan semangat pembaharuan bagi setiap pribadi Bangsa yang di Implementasi kan dengan tindakan kita sehari – hari agar semua peristiwa yang mengerikan tempo dulu tidak akan pernah terjadi dan terulang kembali.

Nilai-nilai luhur Pancasila perlu diberikan kembali melalui berbagai kegiatan di lingkungan Masyarakat, di tengah-tengah keberagaman, kerena pada saat ini pengamalan dan penghayatan nilai-nilai luhur Pancasila, sangat penting sebagian upaya untuk merekatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa yang majemuk ini.

“Mulai peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 ini mari kita secara bersama-sama membangun jiwa semangat 4 Pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika.

Melalui kesempatan ini, saya atas nama pemerintah Republik Indonesia mengajak seluruh elemen Masyarakat untuk turut mensukseskan Pelaksanaan Pilkada serentak secara damai aman dan lancar, sehingga terhindar dari gangguaan – gangguan keamanan, kmi berharap agar masyarakat tidak mudah terpancing isu Hoax dn ujaran kebencian serta faham radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa.

“Sambutan ini saya sampaikan semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan lahir dan Bathin kepada kita semua, ” Tutup Kapolres. (Ms.Limbong)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *