• Home
  • KABAR SUMUT
  • Kunjungi PLTU Pangkalan Susu, Faisal Hasrimy Akan Percepat Pemanfaatan Limbah FABA
Image

Kunjungi PLTU Pangkalan Susu, Faisal Hasrimy Akan Percepat Pemanfaatan Limbah FABA

Langkat (Sumut) | Keadilannews.com,-Pj Bupati Langkat mengunjungi PLTU Unit bisnis Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu. Kunjungan ini terkait inovasi yang dibuat PLTU Pangkalan Susu untuk pemanfaatan limbah Fly Ash Bottom Ash ( FABA) sebagai bahan pembuatan batu bata. Kunjungan ini dilaksanakan pada. Kamis Siang,(29/02/2024).

Senior Manager PLTU P. Susu Yusrizal Zainuddin dalam penjelasannya menyampaikan  FABA itu sendiri dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti pasir dan semen dalam bahan baku pembuatan batu bata maupun sebagai bahan pembuatan jalan beton ataupun lainnya.

“Disisi lain ini akan menguntungkan dari segi ekonomi dan berdampak baik dalam mengurangi limbah jika dilihat dari sisi lingkungan,”ucapnya.

“Jika kita kalkulasikan dari segi ekonomi, misalnya dalam anggaran 200 jt bisa menyelesaikan 200 M jalan beton, dengan menggunakan FABA bisa menyelesaikan 400 M jalan beton,” tambahnya.

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy mendorong kepala OPD Terkait untuk secepatnya menindaklanjuti kerjasama ini, karena ini berkaitan dengan limbah yang jika dibiarkan dan tidak termanfaatkan akan berdampak ke masyarakat disekitar PLTU.

“Secapatnya ini kita laksanakan disatu sisi kita mengurangi dampak buruk terhadap kesehatan  masyarakat, disisi lain kita juga membantu perekonomian masyarakat,” ucap Pj Bupati Langkat.

H. M. Faisal Hasrimy dengan pemerintah Kabupaten Langkat akan secepatnya menyusun komposisi yang tepat dan pengujian langsung bahan tersebut.

“Setelah pelaksanaan MOu, saya mendorong OPD terkait dalam satu bulan kedepan sudah ada contoh yang dibuat dari limbah FABA ini, ” tegasnya 

Pj Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy ingin kembalikan kejayaan pangkalan susu di masa kepemimpinannya.

“Dengan ini kita jalankan nantinya akan berdampak ke perekonomian masyarakat pangkalan susu, Sehingga kejayaan pangkalan susu dapat kembali,” ucapnya.

Dari sini nantinya akan kita dapatkan Isu pemberdayaan lingkungan, isu pemberdayaan masyarakat, CSR kita dapatkan. Ini bisa menjadi sebuah sinerji yang sangat baik antara pemerintah Kabupaten Langkat dengan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU UBP) Pangkalan Susu.

Turut Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H. Amril Nasution, S.Sos., M.Ap,Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung, S.STP,  M.AP,Kadis PUPR Khairul Azmi, S.STP,Kadis Perindag Ikhsan Aprija, S.STP, M.Si,Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun S.STP. (Red/Ms lim)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *