• Home
  • KABAR DAERAH
  • Viral Tentang Pernyataan BN, Wakil Ketua Himpak Deli Serdang, Keluarkan Pernyataan Sikap, Atas Ujaran BN Terhadap Suku Pakpak. 
Image

Viral Tentang Pernyataan BN, Wakil Ketua Himpak Deli Serdang, Keluarkan Pernyataan Sikap, Atas Ujaran BN Terhadap Suku Pakpak. 

Wakil Ketua DPD Ketua Himpak Deli Serdang Efendi Kudadiri,Saat Memberikan Pernyataan Sikap.(Foto/Ist)

MEDAN |  Keadilannews.com,-Dengan adanya vidio viral BN, yang datang dari seluruh lapisan masyarakat pakpak, hal ini juga datang dari Kader dan Pengurus Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak) mengutuk keras ujaran BN terhadap suku Pakpak yang viral di media sosial, Kamis (12/4/2024).

Ketua Umum DPP Himpak DR.Drs.H.Citra Effendi Capah, M.SP menilai pernyataan BN yang menyebutkan leluhur Pakpak adalah leluhur terbodoh sangat menyakitkan bagi masyarakat Pakpak di seluruh Indonesia.

Selain itu, kecaman kemarahan juga datang dari Wakil Ketua Himpak Deli Serdang, Muhammad Efendi Kudadiri, sangat mengecam atas pernyataan dari BN, yang sangat merendahkan, harkat dan martabat suku Pakpak.

Kepada keadilannews, Ia menjelaskan tentang hal ini sangat membuat luka di hati kami, terutama, kami sangat menjunjung tinggi nilai-nilai, persatuan dan persahabatan antara suku, tanpa adanya diskriminasi atas kelompok maupun suku, yang ada di seluruh Indonesia,”ujarnya.

Untuk itu, upaya hukum akan segera kami lakukan, baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah Himpak, akan bekerjasama untuk menuntut pelaku dan memproses secara hukum yang berlaku atas, ucapan nya yang telah merendahkan, harga diri suku Pakpak,”pungkasnya.

Sebelumnya DPP Himpak,Ketua Umum DPP Himpak DR.Drs.H.Citra Effendi Capah, M.SP, melakukan kecaman keras, atas penyataan BN, dan kini mengalir dukungan dari warga masyarakat suku Pakpak.

“P Selain itu kalimat yang menyebut bahasa Pakpak hanya terdengar di Pakpak Bharat, hutan perbeguan sangat mengusik kami. Padalah Pakpak Bharat sekarang sudah mekar dan menjadi kabupaten yang berkembang,” ujarnya.

Selanjutnya, Himpak akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan ke kepolisan.”Kami berharap semua tingkatan pengurus Himpak melaporkan ke polres masing-masing. Sedangkan DPP Himpak yang berdomisili di Medan akan melapor ke Poldasu,” tegas Citra.

Himpak berharap, seluruh masyarakat Pakpak turut berbuat atas ujaran kebencian tersebut dengan menggunakan kemapuan dan peran masing-masing.

Peran serta atas aksi tersebut dapat berupa penasehat hukum, memberikan donasi sesuai kemampuan karena seribu rupiahpun berharga. Selanjutnya, membuat pernyataan sikap di media sosial serta ikut serta mengantarkan laporan ke kantor polisi.

“Kami juga menghimbau, Imapi yang berdomisili di Jakarta melaporkan ke Mabes Polri,” sebelumnya didampingi Sekertaris Jenderal DPP Himpak Kasiman Berutu, SE, Ak, M.Si, dan penyataan sikap kecaman ini, juga dilakukan oleh DPD Ketua Himpak Deli Serdang, Efendi Kudadiri.

Ditempat terpisah, Nurdin Solin (54) tahun warga Jl. Paku Gg. Perbatasan Kel, Tanah Enam Ratus, Kecamatan, Medan Marelan, mengatakan sangat mendukung upaya Himpak, agar segera memproses kasus penistan tehadap suku Pakpak,”Kata Nurdin Solin.

Senada dengan ini R. Brampu, SH (56) tahun warga ring road yang berprofesi sebagai Humas RS. JA’FAR. Bachiar Ja’far, Medan Labuhan, dan wakil Ketua DPD Himpak kota Medan sangat mengutuk atas tindakan konyol BN, dengan pernyataan yang merendahkan suku Pakpak.

“Ini tidak semestinya terjadi atas kelompok/suku/golongan, merendahkan suku yang ada karena kita akan menjunjung tinggi, nilai persatuan dan persaudaraan, dalam Bhineka Tunggal Ika,”terangnya.(Red)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *