• Home
  • ASAHAN
  • Kementerian PUPR Mulai Penanganan Jalan Rusak Wilayah Bandar Pulau Asahan
Image

Kementerian PUPR Mulai Penanganan Jalan Rusak Wilayah Bandar Pulau Asahan

Asahan | Keadilannews.com,-Mengacu pada arahan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023, tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, merupakan instrumen fiskal yang bersumber dari APBN. Untuk meningkatkan kondisi jalan daerah Kabupaten Asahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah memulai pelaksanaan percepatan pembangunan pekerjaan Inpres Jalan Daerah (IJD), yang menjadi prioritas pemerintah, termasuk di Provinsi Sumatera Utara Khususnya Kabupaten Asahan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Inpres Jalan Daerah (IJD) bertujuan menangani jalan-jalan non nasional yang rusak dan meningkatkan kemantapan jalan daerah di seluruh Indonesia melalui bantuan APBN.

“Percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah telah dimulai secara serentak di seluruh Indonesia dimulai dari akhir Juli 2023,” kata Menteri Basuki , baru-baru ini.

Di Provinsi Sumatera Utara, lewat Inpres Jalan Daerah (IJD) Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumut , Ditjen Bina Marga memulai perbaikan Jalan Ruas Bandar Pulau Pekan menuju Gonting Malaha sepanjang 12,5 Kilo meter.

“Pekerjaan dimulai sejak Agustus 2023 sampai Desember 2023 dengan anggaran sebesar Rp.56 miliar dengan kontraktor,”PT Trimurti ” kata Kepala BPJN Sumut Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR melalui J Sitepu, saat peninjauan ruas jalan Padang Pulau menuju Gajah Sakti yang akan di perbaiki dalam waktu dekat,” katanya di Padan Pulau. Kamis (16/11/2023)

Camat Bandar Pulau, Samsul di dampingi tiga Kepala Desa mengucapkan terima kasih, kepada jajaran Kementerian PUPR yang sudah memulai Sesi 1 Bandar Pulau Pekan menuju Gonting Malaha sepanjang 12,5 Kilo meter dan meninjau Sesi 2 yang akan di perbaiki Jurusan Padang Pulau-Gunung Berkat sepanjang 12 Kilo meter, yang bertujuan untuk memudahkan warga lima desa, Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan untuk mendistribusikan hasil perkebunan dan pertanian ke kota.

“Mudah-mudahan pembangunan ini berjalan lancar. Saya berharap agar pembangunan jalan ini didukung penuh oleh masyarakat untuk memajukan daerah, tolong dirawat kalau jalan yang dibangun sudah jadi,” kata Samsul.

Dikatakan Kepala BPJN Sumut Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR J Sitepu bersama Kabid Pupr Asahan Rambe , jalan tersebut nantinya akan terhubung dengan jalan nasional di ruas Jalan Pulau Raja, Jadi jika sebelumnya warga harus mengangkut hasil perkebunan dan pertanian begitu sulit dengan biaya yang cukup mahal, jadi akan lebih murah dengan jalur bagus dan mulus, “ujarnya.

Rahan Simangunsong, Kepala Desa Padang Pulau Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Kapuas Asahan mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan Pemerintah Pusat yang akhirnya memperbaiki ruas jalan tersebut.

“Proses pengajuan perbaikan jalan ini sudah puluhan tahun bahkan sampai Viral . Sebelum diperbaiki jalan ini biaya sangat mahal, kemana- mana susah ketika bepergian .”Kata Rahan.

Hal senada di ucapkan Kepala Desa Gajah sakti di dampingi Kepala Desa PPP , Suriani dan tokoh Pemuda Asahan Atas Sudirman Marpaung, Azhar Sitorus dengan di perbaikinya Ruas Jalan Padang Pulau Pargambiran pada Sesi- Il Inpres tahun 2023 ini, kami seluruh warga Kecamatan Bandar Pulau mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Presiden Ir Jokowido, Bapak Menteri PUPR , Bapak BPJN Sumut,Bupati Asahan,Kabid PUPR dan seluruh lapisan masyarakat Bandar Pulau,”Cetusnya.(Red-Knn/HM)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *