• Home
  • Medan
  • Gerakan Pelestarian Lingkungan di Hutan Kanal Medan Johor, Sebagai Bukti Nyata Fakultas Teknik UMA
Image

Gerakan Pelestarian Lingkungan di Hutan Kanal Medan Johor, Sebagai Bukti Nyata Fakultas Teknik UMA

Photo Bersama dengan Bapak Ucok Penanggung Jawab Hutan Kanal.(Ist/Dokpri)

Medan | Keadilannews.com,- Gerakan pelestarian lingkungan di hutan kanal Kecamatan Medan Johor yang dalam beberapa hari lalu dilakukan oleh Dosen Fakultas Teknik Universitas Medan Area. Sabtu (25/11/2023)

Dr. Indri Dayana, S, Si.,M,Si, Kepada Keadilannews,menjelaskan bahwa Pelestarian lingkungan saat ini telah berkembang dan menjalar di Indonesia sebagai upaya penyelamatan lingkungan. Mengingat pesatnya penduduk dan masih rendahnya kesadaran untuk menjaga lingkungan sehingga menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan.

Keterangan Gambar 1 : Kegiatan ini dibuka dengan foto bersama seluruh peserta dengan Bapak penanggung Jawab Hutan Kanal, hal ini diharapakan dapat memupuk kekompakan dan solidaritas untuk kedepannya lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya terutama Hutan Kanal Kecamatan Medan Johor.

Lanjut Indri, Untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup maka perlu diadakan beberapa upaya pelestarian lingkungan hidup bekerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Medan Area dalam hal ini diwakili Dosen dan mahasiswa bersama masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menangani permasalahan lingkungan yang terjadi, memberikan motivasi dan contoh nyata melalui upaya pelestarian lingkungan yang diterapkkan di lingkungan hutan kanal agar mahasiswa memiliki kepekaan, rasa cinta dan perasaan memiliki untuk bersama mengelola serta menjaga kelestarian lingkungan disekitanya.

“Kegiatan Gerakan Pelestarian Lingkungan Hutan Kanal Kecamatan Medan Johor ini disusun sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, yang bertempat di Hutan Kanal Kecamatan Medan Johor yang diadakan tanggal 28 Oktober 2023.

Gambar 2. Bapak Hermansyah., S.T., M.T menjelaskan Desain Musholla Untuk Fasilitas di Hutan Kanal

Ditambahkan Indri Dayana, Kegiatan pelestarian lingkungan ini menggunakan metode deskriptif, melalui suatu tindakan nyata dalam upaya pelestarian seperti penanaman bibit pohon, pengadaan tempat sampah dan kerja bakti pembersihan lingkungan di hutan kanal. Kesimpulannya bahwa kegiatan ini dapat terselenggara secara baik dan lancar, hal ini tidak terlepas dari partisipasi dan dukungan berbagai pihak didalamnya. Tidak hanya itu, upaya pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan pada lingkungan hutan kanal memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun para dosen dan masyarakat setempat. Selain lingkungan hutan kanal menjadi bersih dan sehat, mereka termotivasi untuk melestarikan lingkungan hidup sekalipun dengan hanya menanam pepohonan, membuang sampah pada tempatnya serta gotong royong membersihkan lingkungan disekitarnya,”pungkanya.

“Hadir dalam kegiatan Hermansyah, ST, MT,Para Dosen dan Mahasiswa-Mahsiswi Teknik UMA. (Red-Knn)

Sumber : Oleh Tim Fakultas Teknik UMA Hermansyah, Moranain Mungkin, Habib Satria, Muhammad Fadlan Siregar, Mega Puspita Sari,Indri Dayana.

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *