• Home
  • BATU BARA
  • Diduga Kapolsek Medang Deras IPTU Abdi Tansar Larang Wartawan Meliput, Saat Rizia Warung
Image

Diduga Kapolsek Medang Deras IPTU Abdi Tansar Larang Wartawan Meliput, Saat Rizia Warung

Teks Foto : Rudi Salah Satu Wartawan Media Online, saat meliput sempat terjadi keributan. (Foto/Ist/Rudi)


Batubara (Sumut) | Keadilannews.com,-Tindakan tak lazim, larangan pada saat meliput kerap terjadi pada wartawan. seperti hal nya, yang dialami oleh salah seorang wartawan online dari salah satu media sahabat tni-polri bernama rudi, lantaran melakukan peliputan razia kapolsek medang deras iptu abdi tansar nekat larang wartawan untuk meliput.

“Menurut rudi, kejadian itu bermula lantaran diri nya ingin meliput kegiatan razia yang dilaksanakan kapolsek abdi disalah satu warung kopi milik sahryl sinaga yang bertempat didesa pakam, kec.medang deras,kab.batu bara, pada 4 Febuari 2024 sekira pukul 23.49 wib.

Abdi yang seakan elergi, saat ingin diliput oleh rudi, dengan nada lantang nya, dua kali mengatakan kepada rudi” jangan di foto dan vidiokan.

Rudi menilai tindakan abdi selaku Kapolsek Medang deras merupakan bentuk menghalang-halangi tugas jurnalistik dan tidak mencerminkan perilaku seorang pejabat yang juga adalah Mitra Pers.

Sedangkan pada pasal 18 UU No 40 tahun 1999 menyebutkan bahwa setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat 2 dan ayat 3 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2(dua) tahun atau denda paling banyak RP.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Terkait dengan hal itu, rudi mengatakan akan segara melaporkan hal tersebut kepolres batu bara atas dugaan tindakan menghambat tugas wartawan sebagai mana yang telah diaturkan dalam undang-undang No.40 tahun 1999 tentang Pers.

Rudi juga meminta kepada Kapolres batubara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, SH. S.I.K. dalam peristiwa ini, Kapolres dapat memberikan tindakan tegas terhadap kapolsek medang deras IPTU Abdi Tansar dimana atas tindakan nya menghambat tugas wartawan pada saat ingin meliput.(Rudi)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *