• Home
  • BATU BARA
  • Tingginya Intensitas Hujan, Debit Air Sungai Menyebabkan Benteng Sungai Pecah. 
Image

Tingginya Intensitas Hujan, Debit Air Sungai Menyebabkan Benteng Sungai Pecah. 

Batubara (Sumut) | Keadilannews.com,-Akibat tingginya intensitas curah hujan pada Senin 30 Oktober 2023 menyebabkan benteng sungai yang berada di Dusun perkubuan Desa Sei Buah Keras pecah dan merendam 2 Desa di Kabupaten Batu Bara. Selasa (31/10/2023)

Dari data yang didapat, 2 Desa yang terendam dalam peristiwa ini, Desa Sei Buah Keras sebanyak 6 rumah dan Desa Nenasiam sebanyak 35 rumah.

Selain merendam rumah pemukiman warga, air juga merendam sawah, lahan pertanian termasuk lahan palawija dan lahan perkebunan di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara.

Plt. Kepala Badan BPBD Kabupaten Batu Bara Ahmadan Kohoir, menerangkan, saat ini 35 rumah di Desa Nenasiam terendam banjir dengan Ketinggian air mencapai sekitar 30 – 50 CM, sementara jalan lintas pagurawan di 3 titik lokasi ada sepanjang 500 M yang ikut terendam.

Kemudian, Desa Sei Buah Keras sebanyak 6 rumah dengan ketinggian 40 – 50 CM, hingga saat ini dengan total 41 rumah kepala keluarga yang terendam. Sementara areal persawahan yang terdampak, seluas ± 30 Ha, lahan sawit seluas ± 25 Ha, palawija seluas ± 20 Ha, tanaman jagung,Ubi, kacang ± 20 Ha.

Tak hanya itu, jalan Kabapaten penghubung antara Desa Sei Buah Keras dengan Desa Durian pun terputus, yang menyebabkan anak sekolah tidak bisa melintas.

“Saat ini kondisi air di Sei Buah Keras masih di ketinggian 40 – 50 CM, dan di Nenasiam masih di ketinggian 30 – 50 CM, sebagian di pekarangan rumah,“jelas Kaban.

Sejauh ini BPBD Batu Bara sudah mendirikan tenda pengungsian dan melakukan pendataan terhadap rumah yg terdampak banjir dan telah Berkoordinasi dengan pihak kecamatan,perangkat Desa,dan warga masyarakat setempat, tambahnya.

“Kita juga menghimbau warga yang terdampak agar tetap siaga, dan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di lokasi atas situasi yang berkembang saat ini, “tutupnya.(Red-Knn/HM)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *