• Home
  • Deli Serdang
  • Formapel Sinergi Pemcam Percut Sei Tuan Bersihkan Sampah Liar Medan Estate
Image

Formapel Sinergi Pemcam Percut Sei Tuan Bersihkan Sampah Liar Medan Estate

Ketua FORMAPEL, R. Anggi Syahputra, didampingi Sekretarisnya Rio Lubis Formapel Sinergi Pemcam Percut Sei Tuan Bersihkan Sampah Liar Medan Estate.(foto/Ist/Dokpri)


Deli Serdang (Sumut) |Keadilannews.com,- Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (FORMAPEL) bersinergi dengan Pemerintahan Kecamatan Percut Sei Tuan untuk melakukan kegiatan edukasi dan aksi. Acara tersebut berlangsung di Jalan Ismail Harun, Desa Medan Estate, dan Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. (2/2/2024) 

Ketua FORMAPEL, R. Anggi Syahputra, didampingi Sekretarisnya Rio Lubis menyampaikan pentingnya menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan melalui edukasi dan tindakan nyata.

Beliau menekankan bahwa sampah tidak akan menjadi ancaman jika semua orang sadar dan bersedia tidak melakukan pembuangan sampah sembarangan.

“Marilah kita bersatu untuk menjaga kebersihan lingkungan dan merawat masa depan Indonesia yang bersih! Mari kita peduli terhadap sampah dan melakukan tindakan nyata untuk memberikan harapan bagi masa depan kita,” ungkap R. Anggi.

Lebih lanjut, R. Anggi menjelaskan beberapa tindakan yang dapat diambil, antara lain:

1. Kurangi Penggunaan Plastik, Bawa tas belanja sendiri dan hindari penggunaan sedotan atau kantong plastik sekali pakai.

2. Daur Ulang, Pilih sampah sesuai jenisnya untuk mendaur ulang organik dan anorganik.

3. Membersihkan Lingkungan, Adakan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan sungai, pantai, dan tempat umum lainnya.

4. Edukasi, Sosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kepada keluarga, teman, dan lingkungan sekitar.

Camat Percut Sei Tuan, A. Fitryan Sukry SS.T.P M,Si, melalui Kasih Kebersihan Andriani Zahra, menjelaskan bahwa permasalahan sampah masih menjadi tantangan yang belum terselesaikan secara menyeluruh. Tidak hanya berdampak buruk pada lingkungan, namun juga dapat membahayakan kesehatan mahluk hidup jika tidak dikelola dengan baik.

“Zahra menyoroti, kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap penanganan sampah sebagai penyebab utama. Pemerintah berusaha memberikan solusi yang tepat dan merubah pandangan masyarakat, agar sampah dianggap sebagai sumber daya ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan, serta mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan sehat dengan mengurangi jumlah sampah. (Red-Kn)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *