• Home
  • Agama
  • Kehadiran KSJ Dan Perbaikan Pemukiman Masyarakat Miskin, Di Batu Bara Hingga Merambah ke Bidang Edukasi Pendidikan.
Image

Kehadiran KSJ Dan Perbaikan Pemukiman Masyarakat Miskin, Di Batu Bara Hingga Merambah ke Bidang Edukasi Pendidikan.

Medan, Keadilannews.com,-Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) lahir di Kabupaten Batu Bara, sejak tahun 2019 dibawah kepemimpinan Ketua Umumnya di Indonesia yakni Saharuddin yang telah mengembangkannya di beberapa provinsi.

Kehadiran KSJ di Batu Bara, telah mampu memperbaiki pemukiman masyarakat miskin sebanyak 28 unit rumah, dari gerakan sedekah jumat disamping beberapa Kabupaten Kota di Sumut. Senin (11/3/2024)

Di Batu Bara, KSJ Tidak sebatas perbaikan pemukiman, bantuan untuk anak yatim dan piatu serta kaum duafa lainnya juga bergulir diantaranya penyandang disabilitas, orang tua yang memerlukan kursi roda sampai dengan beasiswa yang tidak mampu.

Kondisi rumah salah seorang warga, saat peninjauan TIM KSJ. (Foto/Ist)

“Yang menarik KSJ juga telah mampu mendirikan kampung sedekah jumat, di Desa Kabupaten Batu Bara sebagai sarana pendidikan masyarakat kurang mampu dan Pendidikan Tahfiz Quran untuk anak anak yang berniat kepada pendidikan keagamaan.

Bagaimana dengan Pemerintah Daerah, sepertinya pemerintah daerah (Pemda) cendrung untuk membangun sarana fisik yang bisa memberi keuntungan pribadi atau kelompok, sehingga dari tahun ke tahun selama lima tahun terakhir hingga tahun 2023, angka kemiskinan masih diangka 11% (persen ) dari jumlah penduduk.

Jika mengacu kepada maksud dari pemekaran satu Kabupaten, Pemerintah pusat ingin mendekatkan pemerintah Daerah dengan masyarakat dalam memajukan Kesejahteraan Umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka masyarakat Batu Bara yang adil dan makmur sesuai Pembukaan UUD 1945.

Ketua Umum KSJ Sabaruddin, bersam keluarga masyarakat rumah yang tak layan huni saat berbincang.(Foto/Ist)

Kenyataannya, peran ini lebih dominan dilakukan oleh KSJ, dan Pemerintah daerah hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada KSJ tanpa ada upaya perbaikan kesejahteraan masyarakat, jika ditinjau dari aspek anggaran daerah, yang tersedia di SKPD selaku penanggung jawab kesejahteraan sosial.

Ini dapat dibuktikan dengan jumlah kemiskinan di Batu Bara 11% (persen) angka Stunting sebanya 12 % (persen) dan angka pengangguran 14.177 jiwa apalagi jika kita mau menyusuri tingkat anak putus sekolah di jenjang SD, SMP dan SMA sederajat sampai kondisi pemukiman yang layak huni.

Lokasi rumah yang tak layak huni kini di kerjakan ksj untk membangun layak huni.(foto/Ist) 

“Saat ini KSJ yang di motori Ketua Umumnya Saharudin, sedang melakukan Renovasi Rumah pasangan Sahlan dan Juraida di Dusun XI Sukamaju kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, yang diharapkan Keluarga, “Sahlan” bisa menikmati lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 di rumah yang layak huni.

Sumber : Humas Ksj

Editor  : Red.

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *