• Home
  • Deli Serdang
  • Plt. Bupati Deli Serdang Bantu Korban Banjir di Kecamatan Tanjung Morawa
Image

Plt. Bupati Deli Serdang Bantu Korban Banjir di Kecamatan Tanjung Morawa

DELI SERDANG | Keadilannews.com,-Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, Drs. HM. Ali Yusuf Siregar meninjau dan memberikan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga terdampak banjir di Desa Tanjung Morawa B, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (14/11/2023).

Di jelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, Drs. HM. Ali Yusuf Siregar di Desa Tanjung Morawa B, sedikitnya ada 30 rumah warga terdampak banjir. Berdasarkan laporan Camat Tanjung Morawa, Rio Laka Dewa, S.STP., MAP, kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, Drs. HM.Ali Yusuf Siregar lagi, Pemerintah Kecamatan Tanjung Morawa telah mendirikan Posko Kesehatan dan Dapur Umum. Selain itu, Dinas Sosial juga telah menyalurkan bantuan Logistik dan lainnya.

“Ini adalah salah satu upaya melihat apa yang harus kita lakukan. Untuk memikirkan bagaimana masyarakat dengan kondisi seperti ini jangan sempat makan pun tidak bisa,” tegas Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, Drs. HM. Ali Yusuf Siregar.

Plt. Bupati berharap Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Deli Serdang dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk melakukan upaya-upaya yang bisa meringankan beban masyarakat, khususnya warga terdampak banjir.

“Jadi harapan kita nantinya melalui Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Deli Serdang beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk melihat sejauh mana sebenarnya, dan apa yang harus kita lakukan. Upaya-upaya apa untuk meringankan beban warga yang terkena musibah banjir ini, seperti memastikan kondisi parit atau pun saluran irigasi lainnya untuk di tindak lanjuti agar genangan air bisa menurun,” ucap Plt Bupati.

Dalam hal ini juga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang terus berusaha agar masyarakat, khususnya yang terdampak banjir tidak terkena penyakit.

Plt Bupati mengimbau masyarakat agar selalu waspada atas cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini. Terlebih lagi, cuaca ekstrem dan banjir kerap terjadi hampir setiap Tahun.

“Seperti tadi malam, hujan berkepanjangan turun sekitar jam dua malam. Seperti yang terjadi di desa ini, volume air meluap hingga menggenangi rumah warga 1,5 meter. Karena ini setiap tahunnya sering terjadi, supaya masyarakat berhati-hati ketika curah hujan tinggi atau berkepanjangan agar dapat mengantisipasi atau mengungsi sementara ke tempat lebih tinggi,” imbau Plt Bupati.

Perlu diketahui, akibat hujan deras yang terjadi dini hari tadi, sebanyak 216 warga Desa Tanjung Morawa A dan B dievakuasi dari rumah masing-masing karena ketinggian air mencapai 1,5 meter. Selain itu, banjir juga terjadi di Dusun 12, Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, dengan ketinggian air juga sekitar 1,5 meter.

Hadir pula dalam peninjauan tersebut, Kapolresta Deli Serdang, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo SIK; Kadis Sosial, Rudi Akmal Tambunan ST; Kepala Dinas SDA BMBK, Janso Sipahutar ST MT; Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan SE MM; Kepala BPBD, Amos F Karo Karo SSos MAP; Camat Tanjung Morawa, Rio Laka Dewa SSTP MAP beserta unsur Muspika, kepala desa dan lainnya.(Red-Knn)

Image

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *